Kamis, 03 Maret 2016

Kecamatan Bungaya

Gowa Center. Kecamatan Bungaya merupakan salah satu dari 18 kecamatan di kabupaten Gowa, Sulawesi-Selatan (Sulsel). Bungaya berada di daerah pegunungan dengan batas-batas wilayah masing-masing  sebelah utara kecamatan Parangloe, sebelah selatan kecamatan Tompbulu, sebelah barat kabupaten Takalar, dan sebelah timur dengan kecamatan Bontolempangan.

Bunga terbagi dalam tujuh desa dan kelurahan dibentuk berdasarkan Perda Nomor 7 Tahun 2005 Tentang Pembentukan Kecamatan di Kabupaten Gowa. Sapaya merupakan Ibukota Kecamatan Bungaya berjarak sekitar 46 km dari Sungguminasa. Jumlah penduduk pada tahun 2010 sebesar 15.873  jiwa yang terdiri dari laki-laki sebesar 7.710 jiwa dan perempuan sebesar 8.163 jiwa.

Fasilitas umum yang terdapat di Bungaya seperti sarana pendidikan antara lain Taman Kanak-Kanak sebanyak lima unit, Sekolah Dasar Negeri (SDN) tiga unit  Sekolah Dasar Inpres (SDI) 13 unit,  Sekolah Menengah Pertama (SMP) empat unit, Sekolah Menengah Atas (SMA) satu unit, Madrasah Ibtidaiyah (MI) tujuh unit, Madrasah
Tsanawiah (MTs) tujuh unit, Madrasah Aliyah (MA)  empat unit. Terdapat beberapa sarana kesehatan, tempat ibadah (masjid), dan pasar.

Penduduk kecamatan Bungaya umumnya berprofesi sebagai petani utamanya petani padi dan palawija,  perkebunan, sebagian yang lain warga berusaha sektor non pertanian terutama bergerak pada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran.

Partisipasi masyarakat dalam pembangunan cukup besar hal ini terlihat dari konstribusi penerimaan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang telah mencapai 101,67 persen tahun 2010. (Darmawan Denassa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar